Notification

×

Iklan

Iklan

Film Terbaik Tentang Dunia Jurnalistik

Jumat, 27 Januari 2017 | 15:52 WIB Last Updated 2017-01-27T08:53:40Z
BANDUNG,LENTERAJABAR. COM - Dunia kewartawan atau jurnalistik sungguh menarik untuk dijadikan film,apalagi yang menyangkut scandal atau kasus yang menyita perhataian publik.
Banyak pula film yang mengisahkan dunia jurnalistik investigasi, di mana berhasil membongkar kejahatan yang telah lama disembunyikan. Dengan unsur drama dan pesan moral di dalamnya, film ini memperlihatkan kerja keras seorang wartawan dalam mencari kebenaran dalam membongkar kejahatan.
Berikut, 5 film terbaik yang mengisahkan wartawan jurnalistik investigasi :

1.The Bang Bang Club

Empat fotografer muda gila melakukan peliputan di sebuah daerah konflik di Afrika. Sebagai fotografer, mereka harus dekat dengan objek fotonya, sehingga kerap harus terjebak dalam kondisi perang. Tapi mereka, tampaknya, justru menikmati itu.
Mereka jadi legenda berkat keberanian dan karya fotonya yang berhasil mengabarkan kekacuan di Afrika kepada dunia.
2. "All the President’s Men"

Film besutan Alan J. Pakula ini mengisahkan skandal Watergate yang terjadi di tahun 1974. Wartawan Washington Post, Bob Woodward dan Carl Bernstein berhasil membongkar aliran dana pemilu AS di tahun 1972. Akibat laporan ini, memaksa presiden Amerika Richard Nixon mundur. Film ini memberikan nuansa tegang dan memperlihatkan tekanan yang didapat Bob dan Carl saat mencari informasi mengenai skandal ini. Tak hanya itu, Bob dan Carl sempat dianggap membuat laporan bohong dan mendapat ancaman dari badan intelegen Amerika Serikat.

Robert Redford dan Dustin Hoffman yang memerankan Bob Woodward dan Carl Bernstein, dianggap berhasil menghadirkan kegelisahan dan ketakutan yang dirasakan wartawan Washington Post itu saat berusahan menyelidiki skandal Watergate. Film yang rilis ditahun 1976 mendapat ratting 8,0 dari IMBD.

2. "Zodiac"

Pembunuhan berantai di San Francisco Bay Area di tahun 60-an dan awal 70-an menjadi kisah yang diangkat oleh David Fincher. Pembunuh memberikan teka-teki kepada surat kabar San Francisco Chronicle terkait identitasnya. Kartunis San Francisco Chronicle, Robert Graysmith yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal mencoba merangkai teka-teki untuk menemukan identitas sang pembunuh. Ketertarikannya kepada simbol-simbol yang dikirimkan pelaku, membawa dirinya untuk menyelidiki kasus Zodiac.

Film yang dirilis tahun 2007 mendapatkan ratting 7,7 dari IMBD. Film ini menggambarkan pilihan seorang wartawan yang masuk ke lingkarang berbahaya. Graysmith dipaksa memilih keluarga atau terus melanjutkan penyelidikannya. Hingga saat ini, kasus Zodiac masih menjadi teka-teki, walau Graysmith telah mendapatkan banyak informasi untuk membuktikan siapa Zodiac.

3. "Kill the Messenger"
Film ini mengisahkan wartawan San Jose Mercury-News, Gary Webb yang berhasil mendapatkan bukti dokumen asli transaksi perdagangan narkoba oleh pejabat pemerintahan Amerika Serikat. Ternyata, transaksi itu dilakukan oleh CIA yang mengimpor kokain ke Amerika Serikat untuk dijual di Ghetto. Hasil dari penjualan kokain tersebut digunakan untuk mendanai tentara pemberontak Contras Nikaragua. Karena pemberitaannya itu, Webb mendapatkan penghargaan sebagai wartawan terbaik.

Hampir sama dengan film Zodiac, Webb dikisahkan harus memilih, keluarga atau laporannya. Webb mengalami tekanan yang berat dari berbagai pihak terutama CIA, yang langsung membuat pernyataan dan menyangkal pemberitaan. Adegan yang paling menyentuh ialah saat Webb akan bertemu keluarganya, ia harus menelan beberapa tablet obat penenang untuk menutupi kegelisahannya. Sebelum akhirnya Webb ditemukan tergeletak tanpa nyawa di rumahnya dengan dua peluru menyarang di kepalanya. Film ini mendapat ratting 7,0 dilansir di IMDB.

4. "Spotlight"

Film yang rilis tahun 2015 ini mengangkat kisah tim investigasi Boston Globe yang dinamai Spotlight. Tim Spotlight berusaha menyelidiki kasus pelecehan seksual di Gereja Katolik, yang melibatkan tokoh agama dan anak kecil. Spotlight berhasil mengumpulkan informasi yang selama beberapa dekade ditutupi oleh pihak Gereja, polisi dan media. Film ini memperlihatkan juga pergulatan batin antara keyakinan yang dianut dan kebenaran. Seperti yang terjadi pada Sacha Pfeiffer, anggota tim investigasi yang merupakan seorang penganut taat, dia harus membongkar skandal yang melibatkan keyakinannya. Film besutan Tom McCarthy ini memenangkan banyak penghargaan, salah satunya menyabet dua piala Oscar sebagai film terbaik dan naskah original terbaik. Tak hanya itu, situs IMDB memberikan ratting 8,1 untuk film yang diramaikan oleh beberapa bintang Hollywood, seperti Mark Rufallo dan Amy Adams.( Fr/Bs)
×
Berita Terbaru Update