Notification

×

Iklan

Iklan

Keutamaan Membaca Shalawat di Hari Jumat

Jumat, 24 Februari 2017 | 19:16 WIB Last Updated 2017-02-24T12:16:00Z
LENTERAJABAR.COM - Buya H Muhammad Alfis Chaniago penulis buku Indeks Hadits dan Syarah,  mengungkapkan keutamaan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW. Buya Muhammad mengatakan, setiap kali bacaan shalawat atas Nabi Muhammad SAW, akan dibalas dengan 10 kali lipat shalawat dan dihapus 10 kesalahan serta diberikan 10 pahala.

Buya kemudian mengutip hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari yang artinya, ''Barangsiapa membaca shalawat kepadaku sekali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali shalawat dan menggugurkan sepuluh dosanya serta mengangkat sepuluh derajat untuknya.''

Anggota Komisi Ukhuwwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini menjelaskan, memperbanyak shalawat atas Nabi Muhammad SAW, sangat dianjurkan meskipun dalam waktu yang singkat yaitu membaca Allahumma shalli 'ala muhammad wa 'ala ali Muhammad.

''Setiap kali umat Muslim membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW, akan dibalas oleh Allah SWT 10 kali lipat shalawat dan dihapus 10 kesalahan serta diberikan 10 macam pahala,'' tulis Buya Muhammad dalam bukunya Indeks Hadits dan Syarah jilid 2 halaman 579.

''Artinya, Allah SWT akan bershalawat 10 kali kepada orang yang membaca shalawat satu kali atas Nabi Muhammad SAW serta diampuni 10 dosanya dan diberikan kepadanya 10 macam pahala,'' ujar Buya Muhammad menambahkan.

Terlebih-lebih, ungkap Buya Muhammad, jika membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW dilakukan pada hari Jumat mau pun malam Jumat. Ia mengutip hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Baihaqy melalui Anas radiyallahu anhu yang artinya, ''Banyak-banyaklah kalian bershalawat untukku pada hari Jumat dan malam harinya. Barangsiapa yang mengerjakan hal tersebut, aku akan menjadi saksi dan pemberi syafaat baginya di hari kiamat.''jelasnya.(Rg/R)
×
Berita Terbaru Update