Notification

×

Iklan

Iklan

Cita-cita PKS Senafas dengan Semangat 4 Pilar

Rabu, 08 Maret 2017 | 16:48 WIB Last Updated 2017-03-08T09:48:34Z
SURABAYA,LENTERAJABAR. COM - Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR RI Sigit Sosiantomo mengatakan partainya mendukung penuh Empat Pilar. Menurutnya, Empat Pilar yang diputuskan MPR RI tersebut senafas dengan perjuangan dan cita-cita PKS. 

Hal tersebut disampaikan Sigit dalam Sosialisasi Empat Pilar di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Empat Pilar tersebut yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Sigit mengatakan, Pancasila sebagai pilar pertama sekaligus sebagai falsafah bangsa dan dasar negara dihasilkan dari proses kebangsaan yang rumit dan mempertemukan semua keberagaman di Tanah Air. Para pendiri negara ini, lanjut dia, bersepakat menjadikan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi bangsa serta dasar negara dengan menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama dan utama. 

Artinya, lanjut Sigit, para pendiri negara ini bersepakat bahwa negara dijalankan berdasarkan nilai-nilai Ketuhanan yang digali dari ajaran agama. 

"Indonesia bukan negara agama. Tapi nilai-nilai agama menjadi inspirasi yang mewarnai setiap gerak langkah perjalanan bangsa ini. Kesadaran Ketuhanan ini menjadi kesadaran kebangsaan kita. Di sinilah PKS mendukung penuh hal tersebut," ujar Sigit. 

Begitupun dengan pilar-pilar yang lain, Sigit mengatakan, UUD NRI, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan seperangkat nilai yang diterjemahkan dari Pancasila. "Akarnya di Pancasila. Keempat pilar tidak bisa dipisahkan. Tidak bisa menyetujui pilar yang satu, tapi menolak pilar lain. Karena itu bagi PKS, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika adalah harga mati," imbuh Sigit.

Lebih lanjut Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini mengatakan, semangat Empat Pilar harus terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan dunia dan teknologi memberi efek tergerusnya nilai-nilai Empat Pilar di masyarakat. 

Menurutnya, untuk memperkokoh kesadaran Empat Pilar, pengetahuan tentang sejarah bangsa harus terus diberikan kepada masyarakat. "Kuncinya ada di sejarah. Karena semangat Empat Pilar ini terkait erat dengan sejarah bangsa kita," pungkas Sigit.(Fr/R)
×
Berita Terbaru Update