Notification

×

Iklan

Iklan

Masjid Istiqlal, Tempat Wisata Relegius Pusat Syiar

Sabtu, 11 Maret 2017 | 19:47 WIB Last Updated 2017-03-11T12:47:26Z

JAKARTA,LENTERAJABAR.COM - Masjid Istiqal kebanggaan bangsa Indonesia ini, bukan hanya sebuah bangunan, tempat umat Islam melakukan ritual ibadah tetapi juga merupak pusat syiar  agama di nusantara bahkan di asia tenggara.

Beberapa tokoh dunia pernah menginjakkan kakinya ke tempat ini,seperti manatan presiden Amerika Bill Clinton.Barack Obama  dan yang baru-baru ini raja Arab Saudi  Salman juga sempat melakukan sholat di masjid ini,Raja Arab ini juga memberikan kiswa bekas penutup Ka'bah dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang 3 meter yang bertuliskan lafaz Al'quran surat Al-bagoroh ayat 125.

Sejarah pendirian  masjid ini,Pada tahun 1944, ulama –ulama di rumah Proklamator, sekaligus Presiden pertama pertama, yaitu Presiden Dr. Ir. Soekarno di Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Mereka mengusulkan agar di Jakarta ini di dirikan masjid di ibu kota.

“Menanggapi usulan para ulama itu, Bung Karno Setuju, jangan bangun masjid kcil kecil harus yang besar,” papar Bung Karno ketika itu.

Selepas itu, pengumpulan dana mulai diinisiasi. Kumpul-kumpul dana ternyata setengah juta rupiah waktu itu. Bukan main, decak Bung Karno, dia yakin fulus itu dapat awal membangun masjid yang besar (masjid Raya) di pusat ibu kota ini.

Bung Karno ingin bangun masjid Jami di Jakarta benar-benar terujud. Tidak pakai kayu, tapi pakai besi baja beton. Tiang- tiangnya menancap kuat ke bumi. Menara Masjid Istiqlal mulai menancap ke langit. Dibuat material tahan ratusan tahun, bahkan ribuan tahun.

Alhamdulillah, sekarang punya masjid bangun terbesar di Asia Tenggara. Pengunjungnya rata-rata 5000 orang pengujung baik luar atau dalam negeri. Dalam sambutannya, Presiden pertama Soekarno, dalam pemancangan tiang pertama kali masjid Isitiqal 1961.

Pemancangan tiang ini, agak lama sejak Masjid Istiqlal ditetapkan pada tahun 1955. Jelas desain masjid ini, dimenangkan oleh F. Silaban (orang Kristen Protestan). F. Silaban adalah teman dekat Bung Karno.(Rf/Bgs)
×
Berita Terbaru Update