Notification

×

Iklan

Iklan

Perubahan Perilaku Masyarakat Solusi Penanganan Bencana

Rabu, 15 Maret 2017 | 14:37 WIB Last Updated 2017-03-15T07:37:15Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM - Jawa Barat sebagai daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi, ditandai bencana alam yang kerap melanda daerah di Jabar baik longsor maupun banjir, terakhir yang terjadi adalah bencana longsor yang menerjang kawasan kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Mensikapi hal tersebut anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Yod Mintaraga mengatakan,dari tataran program untuk penanggulangan bencana sudah disiapkan beberapa OPD di lingkungan Pemprov. Jabar. Tidak hanya dana untuk penanggulangan bencana saja, solusi berupa perbaikan infrastruktur juga sudah rutin dialokasikan.

Tetapi Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jabar ini lebih menekankan kepada prilaku manusianya. Dikatakannya. “Namun yang terpenting, untuk menyelesaikan persoalan bencana alam adalah adanya perubahan perilaku masyarakat serta mempertahankan lahan konservasi dari praktek alih fungsi.” Tegasnya.

Sejalan dengan tuntutan tersebut, mengembalikan KBU menjadi kawasan hijau harus menjadi prioritas. Demikian pula untuk manajemen pengelolaan sampah harus dilakukan sehingga tak ada lagi sampah berserakan yang menjadi pemicu bencana,tegas Ketua SOKSI Jabar ini.(Fr/Red)


×
Berita Terbaru Update