Notification

×

Iklan

Iklan

Nama Jalan Majapahit dan Hayam Wuruk Kini Ada di Kota Bandung

Jumat, 11 Mei 2018 | 14:09 WIB Last Updated 2018-05-11T07:28:32Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM- Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan tiga nama jalan baru dalam kegiatan Harmoni Budaya Jawa Sunda yang digelar di depan Gedung Sate, Jalan Dipenogoro Kota Bandung, Jumat (11/5).

Diberitahukan kepada warga Jawa Barat saat ini di Kota Bandung.Ada nama Jalan Majapahit dan Hayam Wuruk. Kedua jalan tersebut menggantikan Jalan Gasibu untuk Jalan Majapahit dan Jalan Cimandiri diganti Jalan Hayam Wuruk.

Selain itu ada Jalan Citraresmi (Dyah Pitaloka) menggantikan Jalan Pusdai Bandung.hal itu dilakukan dalam mempererat hubungan kebudayaan antara Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Adipati Sri Pakualam X pada acara Harmoni Budaya Jawa Sunda.

Peresmian ketiga jalan itu merupakan bagian dari rekonsiliasi budaya yang digahas oleh Gubernur Yogyakarta, Sultan Hamengkubowono IX, beberapa waktu lalu. Peristiwa ini untuk menyatukan dua suku terbesar di Indonesia dan melupakan peristiwa 640 tahun lalu, yakni peristiwa Perang Bubat.

Sebelumnya peresmian nama Jalan Sunda dan Pajajaran dilakukan di jantung Kota Yogyakarta dan nama Prabu Siliwangi dan Sunda dilakukan juga di kota Surabaya .Jalan Siliwangi di Surabaya, diakomodir dari Jalan Gunungsari (sebagian), mulai dari pertigaan Jalan Gajah Mada sampai dengan pintu masuk tol Gunungsari.

Sedangkan Jalan Pasundan diakomodir dari sebagian Jalan Dinoyo yang dimulai dari perempatan Jalan Keputran (Jalan Keputran, Jalan Sulawesi, Jalan Dinoyo, Jalan Pandegiling) sampai pertigaan Jalan Majapahit (Jalan di depan Universitas Widya Mandala Surabaya).(Red)
×
Berita Terbaru Update