Notification

×

Iklan

Iklan

BNPB : Bandung Termasuk Daerah Bahaya Longsor Tingkat Tinggi

Selasa, 01 Januari 2019 | 15:58 WIB Last Updated 2019-01-01T08:58:26Z
JAKARTA,LENTERAJABAR.COM,-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ada 441 kabupaten atau kota di Indonesia yang terpantau berada dalam daerah bahaya longsor tingkat sedang-tinggi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, daerah rawan longsor tersebar memanjang dari Sumatera, sampai Jawa, Kalimantan terutama di daerah daerah perbukitan.

Lebih lanjut Sutopo mengatakan, daerah rawan tinggi longsor meliputi Jawa bagian tengah mulai dari Bandung, Bandung Selatan, Sumedang, Cianjur, Bogor, Sukabumi dan sebagainya.

Kemudian, pegunungan yang ada di Jawa Tengah meliputi Pekalongan, Kabupaten Tegal dan bagian selatan dan sebagainya adalah daerah daerah yang rawan, Jawa timur, terutama Banten, juga dan hingga di Aceh.

"Lihat lebih banyak, masyarakat bisa mengakses potensi tanah longsor setiap bulannya, dibuka di website PVMBG sehingga kita bisa mengetahui petanya, bahkan data kecamatan masing masing kabupaten provinsi juga ada," kata Sutopo, di Kantor Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018).

Ia menyebut, kini ada 14 juta hektar lahan kritis di Indonesia, yang mana daerah-daerah itu begitu rentan, ringkih. Selain itu, adanya perubahan lahan pertanian menjadi lahan non pertanian sebanyak 110.000 hektar/tahun.

Lebih lanjut, diprediksikan bencana hidrometeorologi yaitu banjir, longsor dan puting beliung masih akan mendominasi bencana selama 2019.8

"Diperkirakan lebih dari 95 persen adalah bencana hidrometeorologi (di 2019),"pungkasnya .(Red)
×
Berita Terbaru Update