Notification

×

Iklan

Iklan

Karakter Generasi Milenial Harus Mencerminkan Empat Pilar Bangsa

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:01 WIB Last Updated 2019-01-16T04:01:03Z
PATI,LENTERAJABAR.COM, - Indonesia sedang mengalami anugerah demografis dengan melimpahnya penduduk usia produktif atau generasi milenial. Karakter generasi ini harus mencerminkan empat pilar kebangsaan karena tantangan bangsa di masa depan cukup berat. 

“Masa depan negeri yang kita cintai ini ada di tangan generasi yang sekarang kita sebut milenial ini. Kita harus memberikan perhatian serius. Tantangan menjadikan mereka generasi terbaik  bangsa ini cukup berat,” ujar Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) MPR RI Sutriyono dalam Sosialisasi Empat Pilar di MA Madarijul Huda, Jl Raya Tayu-Puncel, Desa Kembang, Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Selasa (15/01/2019). 

Menurutnya, generasi milenial sebagai generasi pelanjut cita-cita kemerdekaan harus mendapat perhatian serius dari semua komponen bangsa. Apalagi perubahan lingkungan dunia sangat cepat. 

Dia juga mengatakan, generasi milenial harus memiliki karakter kuat melalui penguatan aspek skill. Identitas kepribadian generasi milenial harus mencerminkan nilai-nilai luhur yang tercantum dalam falsafah Empat Pilar Kebangsaan. Karena itu, lanjut dia, semua pihak harus menjadikan empat pilar kebangsaan sebagai landasan penting dalam membangun generasi milenial yang berdaya saing. 

“Skill itu bisa diasah dengan cepat. Yang sulit dibentuk itu karakter dan kepribadian. Bicara pembangunan generasi bangsa maka yang perlu dipikirkan adalah bahan dasarnya. Jika ini terpenuhi dengan baik, insya Allah kita akan memiliki generasi unggulan di masa mendatang,” jelas anggota Komisi II DPR RI ini. 

Lebih lanjut Sutriyono meyakini, kejayaan Indonesia berada di tangan generasi milenial. Bangsa ini berpotensi menjadi kekuatan kelima dunia jika ditopang generasi muda yang berkarakter, berkepribadian dan berdaya saing. 

“Banyak riset mengatakan jika kualitas sumber daya manusia itu parameter utamanya adalah karakter. Kita patut bersyukur jika bangsa ini memiliki modal dasar dalam membangun karakter dan kepribadian sumber daya manusia yaitu empat pilar kebangsaan,” katanya.(Red/Rls)

×
Berita Terbaru Update