Notification

×

Iklan

Iklan

Bappeda Pemprov Jabar Gelar Pameran Pembangunan LKPJ

Kamis, 28 Maret 2019 | 20:41 WIB Last Updated 2019-03-28T13:41:15Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,- Keberhasilan  program pembangunan yang dicapai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tentu tidak terlepas dari peran dan kontribusi seluruh stakeholder pembangunan. Pembangunan Jabar yang kolaboratif dengan berbagai inovasi dalam penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan diharapkan dapat mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar menyelenggarakan Pameran Pembangunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jawa Barat Akhir Tahun Anggaran 2018 dengan mengusung tema "Bersama Jabar Juara Lahir Batin". Pameran diikuti oleh perangkat daerah dan biro serta BUMD di lingkungan Pemprov Jabar yang menampilkan capaian-capaian pekerjaannya di tahun 2018.

Kepala Bidang Pengendalian, Perencanaan, dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Jabar, Yuke Septiana  saat acara Jawa Barat Punya Informasi (Japri) di halaman parkir barat gedung sate ,Kamis (28/3/2019) mengatakan, pameran ini diharapkan dapat turut mendorong peningkatan pemahaman masyarakat terhadap upaya-upaya pemerintah daerah dalam melaksanakan kerjanya selama tahun 2018,paparnya .

Lebih lanjut dikatakannya selain itu juga, kegiatan ini untuk membangun citra positif Pemprov Jabar sebagai peaksana pemerintahan kepada masyarakat,jelas Yuke

"Kami ingin mnginformasikan kepada masyarakat terkait hasil perkembangan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Masyarakat bisa melihat dan menilai secara langsung hasil kerja Pemprov Jabar yang dituangkan dalam bentuk informasi di kegiatan pameran pembangunan," tuturnya.

LKPJ Gubernur Jabar Akhir Tahun Anggaran 2018 yang dilaksanakan kali ini diwarnai dengan peralihan kepemimpinan yakni Gubernur Ahmad Heryawan, Plt Gubenur Mochamad Iriawan, dan Gubernur Mochamad Ridwan Kamil.

"Pameran ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap upaya-upaya yang dilakukan Pemprov Jabar untuk meningkatkan hasil pembangunan di Jabar dan tercapainya tujuan masyarakat untuk membangun Jabar yang lebih maju," tuturnya.

Keberhasilan pembangunan Pemprov Jabar dapat dilihat dari pencapaian indikator makro dari aspek pembangunan manusia. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jabar 2018 mencapai 71,38 poin. Kondisi ini diperkuat dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dari 5,35 persen pada tahun 2017 menjadi 5,64 persen pada tahun 2018.

Pencapaian pertumbuhan ekonomi Jabar pun lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17 persen pada tahun 2018. Pada aspek kependudukan, jumlah penduduk miskin menurun sebanyak 235,010 jiwa.

Jumlah penduduk miskin sebesar 3.774.410 jiwa pada tahun 2017 menjadi 3.539.400 pada tahun 2018. Capaian keberhasilan ini ditunjukkan pula dari menurunnya persentase penduduk miskin Jabar dari 7,83 persen pada tahun 2017 menjadi 7,25 persen pada tahun 2018.(Red)
×
Berita Terbaru Update