Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Jabar Emil Usul SD-SMA Dibangun Satu Lokasi

Minggu, 24 Maret 2019 | 09:24 WIB Last Updated 2019-03-25T02:24:23Z
GARUT,LENTERAJABAR.COM,-Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengusulkan lokasi SD, SMP dan SMA/SMK berada dalam satu kawasan. Cara ini memudahkan peserta didik melanjutkan setiap jenjang pendidikan.

Usulan tersebut disampaikan langsung di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat menghadiri acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Pendopo Kabupaten Garut, Sabtu (23/3).

Emil sapaan Ridwan Kamil menilai sekolah yang berada di satu kawasan akan lebih efektif dalam proses PPDB. Selain itu, bisa meningkatkan angka partisipasi pendidikan.

"Kami mohon izin mengajukan gagasan, kami ingin membangun misalkan kami membangun SMP di atas bangunan SD atau bangunan SMA di atas bangunan SMP, sehingga lulus SMP tidak harus sibuk PPDB kemana-mana lagi, cukup dilanjutkan bagi yang ingin melanjutkan. Ini akan menghemat biaya dan akan meng-cover Angka Partisipasi Pendidikan yang lebih tinggi," kata Emil dalam rilis yang diterima media, Minggu (24/3/2019).

Menurutnya langkah ini juga untuk menyeimbangkan jumlah siswa dan sekolah yang ada. Sehingga, pemerataan pendidikan yang diinginkan dapat terwujud.

"Kami dituntut pemerataan pendidikan. Dalam teori pembangunan tidak sederhana membeli lahan, membangun konstruksi apalagi daerah perkotaan mahal sekali. Padahal sekolah-sekolah swasta itu SD-nya di situ, bangunan SMP-nya di situ, SMA/SMK-nya di situ," jelasnya.

Diakuinya mewujudkan gagasan tersebut ada kendala teknis. Jenjang SD dan SMP ada dalam kewenangan pemerintah kabupaten/kota, sementara SMA/SMK kewenangan Pemprov Jabar

"Tapi ini urusan dunia, tidak se-kaku itu dalam pandangan saya sebagai pemimpin di wilayah, sehingga kami bisa menjamin akses pendidikan yang sekarang ini bisa semakin luas, sehingga orang yang konsep Pak Menteri (Mendikbud) yaitu zonasi itu, agak repot kalau sudah masuk ke SMA/SMK karena semakin sedikit dan semakin jauh," ungkap Emil.

Mendikbud Muhajir Effendy menyambut baik usulan tersebut. Menurutnya pemerintah daerah juga memang harus aktif mengembangkan pendidikan di wilayahnya masing-masing.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Pak Gubernur, rencana ke depan pembangunan pendidikan di Provinsi Jawa Barat. Mudah-mudahan pendidikan di Provinsi Jawa Barat akan semakin maju dan tentunya harus didukung oleh daerah atau pemerintah kabupaten/kota," ujar Muhajir.(Red/Rls)
×
Berita Terbaru Update