Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkot berkolaborasi dengan IMA Untuk Mendongkrak Sejumlah Sektor Unggulan

Selasa, 09 April 2019 | 17:56 WIB Last Updated 2019-04-09T10:56:05Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Kota Bandung untuk meningkatkan daya saing Kota Bandung di level nasional maupun internasional, Pemkot Bandung akan berkolaborasi bersama Indonesia Marketing Association (IMA) untuk mendongkrak sejumlah sektor unggulan.

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna menilai dengan potensi dari kerjasama tersebut, maka mampu melambungkan produk Kota Bandung. Terlebih produk Kota Bandung mempunyai kualitas dan karakter kuat, namun membutuhkan sentuhan strategi pemasaran yang tepat agar bisa menjangkau sasaran.

"IMA ini kan boleh dikatakan kumpulan orang-orang di bidang pemasaran atau marketing. Kota Bandung membutuh itu. Kita tidak boleh puas dengan kondisi sekarang,” ungkapnya pada pelantikan IMA Chapter Bandung di Hotel Aryaduta, Jln. Sumatera, Kota Bandung, Selasa (9/4/2019).

Menurutnya meskipun Kota Bandung tidak memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA), namun sektor pariwisata telah menjadi andalan. Maka melalui keunggulan kuliner dan fashion, Kota Bandung sangat cocok bagi tujuan para pelancong baik domestik maupun mancanegara.

“Kita harus pikirkan agar memiliki daya saing jauh lebih baik dibanding kondisi sekarang," katanya.

Dikatakannya banyaknya industri kreatif Kota Bandung yang mampu menembus pasar dunia, yang juga memberikan ciri khas tersebut semakin dikenal luas. Hal ini juga yang menjadi indikator SDM warga Kota Bandung sangat diperhitungkan.

"IMA bisa menjadikan kota bandung sebagai destinasi pariwisata, yang dampaknya dirasakan masyarakat banyak," ujarnya.

Ema berharap pariwisata Indonesia tidak hanya menonjolkan Pulau Bali saja. Akan tetapi, kehadiran Kota Bandung juga turut menjadi identitas bagi wisatawan mancanegara.

"Jangan sampai orang menyebut Indonesia selalu identik dengan Bali, kedepan dengan branding yang luar biasa tentunya Indonesia identik juga dengan Bandung. Karena walaupun Bandung tidak bisa apple to apple resources dengan Pulau Dewata tetapi  Bandung punya keunggulan lain," jelasnya.

Lebih jauh, Pemkot Bandung telah mempersiapkan konsep besar untuk pengelolaan Kota Bandung. Namun agar strategi yang dijalankan semakin kuat, maka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak."Kita siap kolaborasi dengan IMA supaya daerah ini lebih familier," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden IMA Chapter Bandung, Lina Aulina mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut juga ada diisi dengan seminar yang membahas pemasaran daerah. Sehingga para akademisi, praktisi, enterpreneur dan pengusaha lainnya yang tegabung di IMA mampu memberikan pemikiran terbaiknya bagi Kota Bandung.

"Ini menjadi bagian kontribusi kami, dimana membranding Kota Bandung menjadi representasi Jawa Barat. Oleh karenanya, kolaborasi stakeholder ini bisa menjadi kekuatan,"pungkasnya.(Ari/Red)       
×
Berita Terbaru Update