Notification

×

Iklan

Iklan

Wawali Bandung Yana : Pastikan Harga Kepokmas Tetap Stabil

Jumat, 03 Mei 2019 | 15:27 WIB Last Updated 2019-05-03T08:27:21Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan, harga pangan di Kota Bandung tetap stabil memasuki bulan Ramadan. Mengingat harga-harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) kerap mengalami kenaikan mendekati bulan suci tersebut.

"Harga pangan stabil, dan masih dalam angka wajar. Kondisi keamanan pangan juga baik. Tidak ada campuran bahan kimia, ataupun bahan-bahan lainnya yang berbahaya," ungkapnya usai inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Kosambi, Jln. Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (3/5/2019). 

Menurutnya, dari sejumlah komoditas, yang mengalami kenaikan salah satunya adalah bawang putih. Dimana kenaikan harga tersebut karena bawang putih merupakan komoditas impor, namun kenaikannya dinilai masih dalam batas wajar.

Melihat perkembangan tersebut, Yana mengimbau masyarakat tidak "panic buying". Masyarakat diimbau membeli bahan pokok sesuai kebutuhan.

"Jangan sampai karena takut stok kehabisan, lalu membelinya secara berlebihan," ujarnya.

Hal senada disampaikan, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Elly Wasliah yang berharap masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dan bijak. Sehingga membeli atau belanja kebutuhan pokok sesuai kebutuhan.

"Jangan sampai ada 'panic buying', yang membeli lebih dari kebutuhan. Karena kalau terjadi maka akan memicu kenaikan harga di pasaran juga," katanya.

Terkait kenaikan komoditas bawang putih, pihaknya tengah memantau langsung ke lapangan, karena dikhawatirkan ada mata rantai pedagang yang meningkatkan harga secara tidak wajar.

"Jika ditemukan di pasar ada pedagang yang menaikan harga secara tidak wajar, maka akan dilaporkan ke satgas pangan. Sementara kalau memang kekurangan stok maka akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi," tuturnya.

Ia menambahkan terkait keluhan pedagang atau masyarakat, pihaknya belum menerima terkait persoalan kenaikan harga di pasaran. Maka pihaknya berharap jangan ada komoditas yang naik lagi menjelang bulan puasa.

"Keluhan sejauh ini belum ada, dan kita akan sidak ke pasar baik tradisional maupun moder. Terkait stok pangan, keamanan pangan dan stabilitas harga," pungkasnya.(Ari/Rel)


×
Berita Terbaru Update