Notification

×

Iklan

Iklan

BLK Mandiri Disnakertrans Pemdaprov Gelar Pelatihan Peningkatan SDM Bidang Kepariwisataan

Senin, 30 September 2019 | 10:20 WIB Last Updated 2019-09-30T07:22:44Z
GARUT SELATAN,PAMEUNGPEUK.
LENTERAJABAR.COM,-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Mandiri Disnakertrans,menggelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan bertajuk Kerja Mandiri SDM Bidang Pariwisata,meliputi Home Stay angkatan ke III dan Cafe angkatan ke IV  di Desa Mancagahar,  Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut Selatan , 25-29 September 2019. 

Pelatihan yang berlangsung melalui program  Hiring Hall Desa (Hade) ini, diikuti 40 orang peserta dari dua desa.

Kepala Disnakertrans, H.M Ade Afriandi,menyebutkan, materi dalam pelatihan adalah Home Stay dan Cafe. “Home stay (penginapan) merupakan penunjang kepariwisataan,”ungkap Ade, saat menyampaikan pengarahan kepada peserta pelatihan dari Desa Mandalakasih (Desa Emas) dan Desa Manca Gahar (desa Peradaban).

Lebih lanjut dikatakan Ade Afriandi, daerah Garut Selatan memiliki potensi kepariwisataan yang cukup pontensial untuk dikembangkan, terutama dikecamatan Pameungpeuk,jelas alumni APDN ini.

Kecamatan Pameungpeuk memiliki pantai yang sangat indah dan masih sangat alami yaitu Pantai Sayang Heulang. Guna menunjang ekses kepariwisataan tentunya perlu penataan infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya, baik berupa penginapan / home stay, cafe dan sarana prasarana keperiwisataan.

Menurutnya namun yang tidak kalah penting juga yaitu sumber daya manusia (SDM).Oleh karena itu
pihaknya dalam mempersiapkan SDM yang handal mengulirkan program Hiring Hall Desa (HADE) yang terkait dengan potensi desa, untuk itu Disnakertrans Jabar melalui Balai Latihan Kerja Mandiri merekrut dan melatih para calon tenaga bidang kepariwistaan.

Mereka yang telah mengikuti pelatihan Home Stay, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi wisatawan yang datang dan nginap dirumah rumah warga dalam menikmati keindahan alam pantai sayang heulang.

Dengan pelayanan yang memuaskan tentunya sangat berkesan bagi wisatawan dan pasti akan kembali lagi bahkan kemungkinan membawa saudara-saudaranya untuk berlibur di pantai sayang heulang ini, ujarnya.

Melalui pelatihan Cafe,diharapkan peserta dapat  mengetahui cara melayani dan mensajikan menu mulai dari pemilihan bahan pokok makanan dan minuman, cara mengelola memasaknya/ minuman juice.,sehingga saat disantap / diminum, mereka merasa puas dan menikmatinya",tutur Ade.

Ditambahkan, Ade di harapkan kedepan untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisata tentunya masih perlu banyak pembenahan dalam sarana prasarana dan edukasi bagi warga Pameungpeuk pada khususnya dan warga garut selatan pada umumya.

"Saya yakin pantai Sayang Heulang bila DOB Garsel terbentuk tingkat kunjungan wisatawan baik lokal, nusantara dan mancanegara akan meningkat tajam dan perekonomian masyarakat setempat juga meningkat",pungkas pria pehobi touring mengunakan motor ini.(Red)
×
Berita Terbaru Update