Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkot Bandung Optimis Sakip dan RB Berjalan Maksimal

Kamis, 03 Oktober 2019 | 09:00 WIB Last Updated 2019-10-03T02:00:25Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,- Kota Bandung (Pemkot) menerima kunjungan Tim Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia dalam rangka pelaksanaan evaluasi kinerja dan penilaian reformasi birokrasi, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (2/10/2019).

Tim Kemenpan RB dipimpin Kepala Bagian Perencanaan Kinerja dan Anggaran pada Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Agusdin Muttakin. Tim diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna.

Agusdin Muttakin menyampaikan, kedatangan ke Pemkot Bandung ingin mengetahui perkembangan mulai dari pelayanan publik sampai sistem yang dilakukan untuk aparatur di instansi pemerintah.

"OPD itu kan sifatnya melayani, sehingga selain di internal diuji. Kita juga meminta penilaian masyarakat bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, kinerja Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (Sakip) dan Reformasi Birokrasi (RB) di Pemerintah Kota Bandung berjalan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan kinerja para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang maksimal.

"Pemkot selalu kooperatif. Selalu mendukung upaya mendukung Kemenpan RB dalam tata kelola pemerintahan ini lebih baik. Sehingga kita kerja maksimal, dengan arah harus mampu membahagiakan masyarakat dengan tata kelola integritas, SDM termasuk data yang bisa dipertanggungjawabkan," bebernya.

Sekda menjelaskan, Pemkot Bandung menggunakan metode Logic Model pada Perencanaan Kinerja dalam penyusunan RPJMD dan Renstra.

"Sehingga kinerja SKPD itu benar, mulai dari menjabarkan apa yang menjadi visi misi kepala daerah. Lalu anggaran yang dikeluarkan sampai penyerapan. Jadi Logic Model ini pun bisa bersinergi dengan kewilayah," katanya.

Dalam pengukuran kinerja, tambah Ema, Pemkot Bandung melakukan mekanisme Pemetaan Kinerja (Cascading). Ini merupakan konsep peningkatan kualitas program dalam kegiatan serta mewajibkan setiap penanggungjawab program atau kegiatan melakukan evaluasi yang didasarkan pada capaian hasil.(Ari/Rel)
×
Berita Terbaru Update