Notification

×

Iklan

Iklan

Legislator Hj Lilis Boy : Gerakkan Ekonomi Melalui Pengembangan Desa Wisata

Jumat, 08 September 2023 | 19:46 WIB Last Updated 2023-09-23T13:41:40Z

Caption : Anggota Komisi II  DPRD Provinsi Jawa Barat   Hj Lilis Boy

KOTA BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD) Hj Lilis Boy, mengatakan provinsi Jawa Barat memiliki potensi luar biasa di sektor kepariwisataan, bahkan menjadi penyumbang cukup besar bagi pendapatan daerah. 



Menurut Hj.Lilis Boy yang akrab di sapa bu HLB Anggota komisi II yang membidangi Perekonomian, meliputi: Perdagangan dan Perindustrian, Wilayah Kelautan Daerah, Konservasi Alam, Ketahanan Pangan, Pertanian Tanaman Pangan, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Kehutanan, Logistik, Koperasi dan Pengusaha Kecil serta Pariwisata.



Lebih lanjut dikatakan HLB dalam upaya mengerakkan dan mengembangkan perekonomian di desa, DPRD dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah sepakat memberikan dukungan berupa payung hukum yang tertuang dalam  Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata.



Srikandi partai berlambang bintang mercy ini mengungkapkan Desa wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. 



Desa wisata biasanya memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia. Desa wisata biasanya dibuat di satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. Desa wisata secara keseluruhan mengintegrasikan semua unsur tersebut di suatu desa, untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal setempat,tutur legislator daerah pemilihan Jabar IV Kabupaten Cianjur ini. 



Ditambahkan HLB,Desa-desa di Kabupaten Cianjur mempunyai Potensi untuk dijadikan Desa Wisata.Hal ini “Karena setiap desa itu memiliki potensi alam yang berbeda, begitu pula dengan budayanya. Jadi masing-masing Desa akan mengembangkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing,jelas Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur ini.



Pengembangan Desa Wisata diharapkan dapat mendongkrak perekonomian serta membangkitkan pelaku UMKM sehingga kesejahteraan masyarakat di Desa semakin meningkat.Maju dan berkembangnya sektor pariwisata tentunya akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, pungkas Hj.Lilis Boy Anggota Badan Kehormatan  DPRD Provinsi Jawa Barat .(Rie/AdPar)

×
Berita Terbaru Update