Notification

×

Iklan

Iklan

Legislator Hj.Lilis Boy Harap Pemerintah Pusat Cabut Moratorium, Terwujud CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan

Senin, 04 September 2023 | 08:12 WIB Last Updated 2023-09-21T01:30:02Z

Caption : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat  Hj Lilis Boy  dari Fraksi Partai Demokrat 

KABUPATEN CIANJURLENTERAJABAR.COM
,  - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan dan mengusulkan kepada pemerintah pusat terkait agenda pemekaran wilayah 9 Kabupaten untuk menjadi wilayah Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB), salah satunya ialah Kabupaten Cianjur Selatan.


Hal tersebut dikatakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Hj Lilis Boy dari daerah pemilihannya (dapil) Jabar IV Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.Diketahui sebelumnya CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan sudah mendapatkan persutujuan dari Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Barat pada sidang paripurna.


Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menyampaikan dan mengusulkan ada 9 CDPOB yang sudah melalui proses panjang dari Kabupaten/Kota maupun Provinsi dan harapannya ini menjadi kajian, karena kalau melihat dari Jawa Barat penduduk kita makin bertambah hampir 50 juta jiwa,jelas Hj.Lilis Boy Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD).


Jabar itu, menurut pak Gubernur menyampaikan idealnya bahwa kota/kabupaten yang selama ini ada 27, ingin menjadi 40 atau 42 kota/kabupaten. Agar terjadi keseimbangan fiskal, bahwa keseimbangan fiskal yang tadi disebutkan adalah dana yang turun dari pusat itu bisa lebih maksimal diberdayagunakan berdasarkan jumlah Daerah Otonomi Baru (DOB). "Kita sekarang ini masih kebagian sedikit dibanding Jawa Tengah dan Jawa timur. Padahal jumlah penduduknya tidak lebih banyak dari Jabar," kata dia.


Hj Lilis Boy terus mendorong untuk segera ada hasil yang sesuai harapan warga Jawa barat, khususnya di Kabupaten Cianjur terkait pemekaran ini,tutur Anggota Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jawa Barat ini.


Saat ini DPRD tengah melakukan penataan demografis daerah untuk lebih menguatkan usulan yang telah ditetapkan DPRD Jabar dan Pemprov Jabar. khususnya CDPOB yang sembilan Kabupaten/Kota sudah mengusulkan. Jadi tentunya ini menjadi komitmen kawan-kawan presidium yang memperjuangkan CDPOB ini agar teman-teman tetap terus memperjuangkan yang tentunya sudah melewati beberapa tahapan,jelas Hj.Lilis Boy yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur.


Lilis Boy berharap, dengan dijadikannya Kabupaten Cianjur Selatan menjadi CDPOB bisa meningkatkan potensi ekonomi masyarakat menjadi berkembang dan memberikan kemudahan pelayanan bagi warga Cianjur  khususnya masyarakat yang berada di wilayah Cianjur Selatan.


Mengingat, sumber pendapatan dari Cianjur Selatan sangatlah besar dan kedepan bisa menjadi sumber PAD yang potensial melalui sektor pertanian, perikanan, industri dan Perkebunan.Jumlah pengangguran harus berkurang. Layanan publik lainnya harus lebih mudah,pungkas politisi perempuan anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidangi perekonomian, meliputi: Perdagangan dan Perindustrian, Wilayah Kelautan Daerah, Konservasi Alam, Ketahanan Pangan, Pertanian Tanaman Pangan, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Kehutanan, Logistik, Koperasi dan Pengusaha Kecil serta Pariwisata.masih berbicara soal ekonomi kerakyatan.


Perlu di ketahui sembilan calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB)di Jawa Barat tersebut itu ialah Kabupaten Cianjur Selatan , Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur.Kemudian Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, Kabupaten Garut Utara, dan Kabupaten Subang Utara.(Rie/AdPar)


×
Berita Terbaru Update