Notification

×

Iklan

Iklan

Sah! Hendry Chairudin Bangun Terpilih Ketua Umum PWI 2023-2028

Rabu, 27 September 2023 | 04:00 WIB Last Updated 2023-10-01T03:20:22Z

Caption :  Atal S Depari dan Hendry Ch Bangun foto bersama seusai pemungutan suara pada Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  di  El-Royal Hotel, Kota Bandung

KOTA BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berlangsung di  El-Royal Hotel, Kota Bandung selama 2 hari, dari 25-26 September 2023. Kongres PWI ke-XXV Ini merupakan ajang konsolidasi organisasi sekaligus pergantian pengurus PWI Pusat.


Agenda Kongres PWI XXV ini mendengarkan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari. Adapun agenda utama pemilihan ketua umum yang diikuti 39 PWI Provinsi seluruh Indonesia.


Sesuai pembacaan tata tertib Kongres XXV PWI, muncul 3 calon Ketua Umum PWI Pusat yakni incumbent Atas S Depari sebagai pendaftar pertama, Hendry Ch Bangun mantan Sekretaris PWI periode 2008-2013 dan mantan anggota Dewan Pers serta Zulmansyah Sekedang yang saat ini menjabat Ketua PWI Riau.


Pemilihan yang berlangsung cukup kondusif dan demokratis itu, diawali dengan pemaparan visi misi ketiga calon.


Dalam pemungutan suara secara voting yang berlangsung di El Hotel, Kota Bandung, Selasa (26/09/2023) malam, dari total 88 suara, pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara. Sementara itu, Hendry meraih 39 suara dan Zulmansyah memperoleh 9 suara.


Persaingan ketat Hendry dan Atal sempat memaksa pemilihan ketua umum dilakukan 2 putaran. Ini terjadi lantaran pada putaran pertama belum ada yang berhasil meraih 50 persen suara dari total pemilih 88 suara.



Sesuai aturan PWI, pemilihan kemudian dilanjutkan ke putaran kedua dengan peserta 2 calon peraih suara terbanyak. 


Dengan demikian dilakukan pemilihan putaran kedua yang bertarung Atal S Depari melawan Hendry CH Bangun.


Pada putaran kedua, susul menyusul ketat masih terjadi seperti pada putaran pertama. Namun Hendry berhasil mengungguli Atal dengan raihan, Hendry memperoleh 47 suara dan Atal memperoleh 41 suara.


Akhirnya Hendri CH Bangun terpilih sebagai Ketua PWI Pusat dan Sasongko Tedjo secara aklamasi didaulat sebagai Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI untuk periode 2023-2028. "Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI kedepannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid," jelas Hendry.


Seperti diketahui, Kongres PWI ke-XXV 2023 Pembukaan kongres dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo , Senin (25/09/2023).


Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berpesan kepada seluruh insan pers tanah air untuk selalu memegang teguh kode etik jurnalistik.


“Justru inilah (kode etik jurnalistik) nilai plus dari media dan pers. Justru inilah kelebihan media dan pers dibandingkan dengan citizen journalism,” ujar Presiden.


Presiden juga menegaskan bahwa insan pers Indonesia tidak boleh terpancing oleh sesuatu yang viral dan hoaks dalam membuat berita yang baik.


Kode etik jurnalistik harus selalu dipegang teguh meski industri media sedang mendapat berbagai tantangan di tengah pesatnya perkembangan dunia digital.


“Dunia pers-nya makin banyak tantangan karena memang dunia digital ini tidak bisa kita hentikan, tidak bisa juga kita suruh stop,” kata Presiden.(rie/red)

×
Berita Terbaru Update