Notification

×

Iklan

Iklan

Aleg Kang TPS Pelaksanaan MPLS Diharapkan Berdampak Positif Terhadap Pembentukan Karakter Siswa

Senin, 15 Juli 2024 | 17:50 WIB Last Updated 2024-07-18T15:12:50Z

Caption : Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat H. Toto Purwanto Sandi, S.E, M.I.Pol 


KOTA BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA/SMK dan SLB  se-Jawa Barat untuk tahun ajaran 2024-2025 berlangsung selama empat hari dimulai pada tanggal 15 sampai dengan 18 Juli 2024.


Anggota Legislatif (Aleg)  Komisi V  DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidangi kesejahteraan rakyat (kesra) salah satunya pendidikan H. Toto Purwanto Sandi, S.E, M.I.Pol mendorong pihak sekolah untuk memastikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Berdampak Positif Terhadap Pembentukan Karakter Siswa yang  berfokus pada aspek edukatif.


Politisi senior partai berlambang bintang mercy ini mengatakan pentingnya sekolah memastikan bahwa semua kegiatan selama MPLS mendorong pembelajaran yang positif dan berkontribusi pada pengembangan karakter siswa.


Lebih lanjut dikatakan kang TPS sapaan akrab Toto Purwanto Sandi,menginggat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah periode penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. 


Tujuan utama MPLS adalah membantu siswa mengenal lingkungan sekolah, membiasakan diri dengan jadwal dan kegiatan sekolah, serta mengenal guru dan staf. Selain itu, MPLS juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan. Adaptasi ketrampilan sosial sangat prioritas bagi transisi anak dari sekolah lama ke sekolah baru.


Wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar X meliputi Kabupaten Purwakarta dan Karawang ini juga mengingatkan pentingnya peran guru dan panitia dalam memfasilitasi MPLS yang bermanfaat. Menurutnya, pendampingan yang tepat dari pihak sekolah dapat membantu siswa merasa lebih nyaman dan siap menghadapi tahun ajaran baru.


Ditambahkan Kang TPS selain itu juga MPLS bertujuan memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah, serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru. Namun, untuk mencapai tujuan ini, penting bagi sekolah untuk memastikan bahwa MPLS dilaksanakan dengan cara yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak.


Kerjasama yang baik antara sekolah, guru, siswa, dan orang tua adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung pengembangan holistik siswa,pungkas Bendahara Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Jawa Barat ini.(Rie/AdPar)  


×
Berita Terbaru Update